MENGENAL SISTEM REPRODUKSI WANITA

Mengenal Sistem Reproduksi Wanita

Gambar Organ Reproduksi WanitaStruktur internal sistem reproduksi wanita berada dibagian bawah perut dimana terdapat beragam alat reproduksi wanita yang bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Indung telur bertugas sebagai tempat penyimpanan telur, dan disinilah tempat pertemuan sperma dengan sel telur. Sebuah sel telur matang akan dilepaskan dari indung telur setiap bulan. Jika tidak ada sperma yang masuk, maka sel telur tersebut akan mengarah ke tuba falopi dan kemudian akan didorong ke vagina, yaitu saluran yang menghubungkan rahim dengan lingkungan di luar tubuh. Dan terjadilah menstruasi. Sekarang anda sudah tahu kenapa menstruasi datang setiap bulan.

Gangguan pada Alat Reproduksi Wanita

Banyak sekali gangguan maupun penyakit yang bisa menyerang alat reproduksi wanita. Gangguan-gangguan tersebut antara lain:

Radang atau infeksi
keputihan abnormal
kista
Tumor rahim atau Myoma
Kanker leher rahim atau Kanker Serviks


Gangguan-gangguan organ kewanitaan di atas tak lepas dari pengetahuan anda dalam mengenal alat reproduksi wanita. Merawat alat reproduksi wanita memang tidaklah mudah untuk dilakukan. Anda harus mempunyai pengetahuan khusus tentang hal tersebut. Sebab jika anda salah langkah maka dapat beresiko terkena kanker. Sebagai contoh saat bagian vagina kita terasa gatal, maka untuk menghilangkan rasa gatal tersebut adalah dengan menggunakan bedak tabur. Padahal seharusnya tidak boleh menggunakan bedak tabur, karena hal tersebut akan beresiko dalam penyebaran kanker leher rahim atau kanker serviks. Jika kita tidak mempunyai pengetahuan yang luas mengenai sistem reproduksi wanita, maka kita tidak akan tahu bahwa bedak tabur seharusnya tidak digunakan pada daerah organ kewanitaan.

Untuk itu perdalamlah pengetahuan anda mengenai sistem reproduksi wanita agar terhindar dari kesalahan dalam menangani gangguan pada organ kewanitaan anda